Laporan Verbatim (Konseling)

Laporan Verbatim

Nama Konselor:Mayva Tri Ratnawati

Nama Klien:Ari

Tanggal Konseling:14 Maret 2012

Info mengenai klien:

Klien adalah siswa kelas VIII D SMP 1 yang sedang mempunyai masalah dengan dirinya yaitu dia merasakan tidak ada motivasi ketika ingin belajar dirumah ataupun disekolah

Perasaan dan sikap saya (Konselor) sebelum sesi konseling

ketika klien datang untuk menghampiri saya, saya merasakan bahwa klien itu terlihat lesu dan mempunyai pandangan yang kosong saat menemui saya. Disini saya mencoba untuk memahami raut wajah klien ketika ingin memulai sesi konseling yang pertama

Hal-hal yang terjadi sebelum sesi konseling:

Konselor:‘apa yang bisa saya bantu?

Klien:‘saya itu kalau mau belajar itu rasa maless sekali saya itu tidak ada motivasi untuk belajar di rumah ataupun disekolah bu?’

Konselor:‘hmmmm……………..jadi kamu itu tidak ada motivasi untuk belajar dirumah ataupun di sekolahan???

Klien:‘iya bu……………….’

Konselor:‘o…….jadi apa yang menurut kamu apa yang menyebabkan kamu itu tidak termotivasi untuk belajar?’

Klien:‘saya itu kalau dirumah tidak ada yang memperhatikan dan mengingatkan saya untuk belajar, lalu di sekolah saya itu merasa kurang nyaman dan teman-teman saya itu tidak ada yang menyemangati saya’

Konselor:‘sekarang kamu turuti apa kata hati kamu kamu, mungkin kamu bisa mencari motivator motivator yang lainnya untuk menumbuhkan rasa motivasi kamu’

klien:‘iya bu… saya juga berfikir untuk mencari motivator yang lainnya”

konselor:‘mungkin ini sudah hampir 2 jam pada sesi konseling ini, dan bisa diteruskan pada sesi konseling selanjuttnya’

klien:“iya buuu…..’

konselor:‘selamat siangg semoga sesi konseling ini dapat bermanfaat bagi kamu”

perasaan saya (konselor) setelah pertemuan sesi konseling:

saya merasa bahwa klien saya itu sangat kurang perhatian dan motivasi dari orang terdekatnya

Hal yang ditemukan dari sesi ini

dari sini saya menemukan bahwa klien tidak mempunyai motivasi dalam belajarnya karena dia merasa tidak ada perhatian dari orang tua dan teman terdekatnya

Tinggalkan Balasan

