Materi Bimbingan Karier

Bimbingan Karier

Disebutkan dalam bimbingan konseling ada 4 bidang bimbingan yang harus diberikan kepada siswa, diantaranya adalah bimbingan sosial, bimbingan belajar, bimbingan pribadi, dan bimbingan Karier. Bimbingan Karier merupakan salah satu upaya pendekatan diri / kepribadian seorang siswa yang ada di sekolah SMA maupun SMK dan bimbingan karier ini sangat membantu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi yang berkaitan dengan masalah karier.

Layanan bimbingan karier ini agarsiswa dapat memahami karakteristik dirinya dalam minat, bakat, kecakapan, dan dapat mengenali ciri-ciri kepribadian yang bisa menentukan perencanaan karier pada diri siswa, serta siswa disini agar dpat mengidentifikasi bidang pekerjaan yang lebih cocok bagi mereka dan yang sesuai dengan tipe-tipe kepribadiannya. Disi lain siswa juga dapat mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai karier yang diinginkan sesuai bakat dan minat yang dimiliki pada diri mereka.

Banyak manfaat yang diperoleh dari bimbingan karier ini, disini siswa akan siap dan dapat sigap dalam mempersiapkan atau dapat lebih siap untuk menghadapi masa depan, lebih mantap dan percaya diri, siswa disini akan tertolong untuk memlih pekerjaan yang tepat dengan tipe kepribadiannya maupun dari berbagai informasi yang telah mereka dapatkan.

Dari uraian tujuan diatas akan banyak timbul permasalahn-permasalahan yang akn dihadapi oleh siswa diantara mereka sebagian siswa yang melanjutkan di SMK khususnya tidak tahu apa karier yang akan mereka pilih, apa sesuai jurusan yang mereka pilih sewaktu di SMK atau malah sebaliknya mereka akan melenceng untuk memilih karier, atau mungkin bahkan mereka ragu-ragu untuk memilih karier yang sudah dipihnya? Banyak kasus atau permasalahna yang timbul dibenak siswa ini disebabkan mereka sebagian siswa kurang informasi yang didapatkan tentang dunia kerja, dan kurang selalu untuk mengupdate tentang dunia kerja yang akan mereka hadapi setelah mereka itu lulus.

Bagaimana cara untuk merencanakan karier sebelum lulus??

Banyak berbagai cara disini untuk merencanakan karier siswa SMA / SMK diantaranya mereka harus :

1. mengenali diri mereka sendiri artinya siswa harus dapat mengenali tipe kepribadiannya, minat, bakat, kemampuan, kepribadian, pengetahuan, ketrampilan dan kesehatan siswa. untuk mengenali kepribadiannya dapat dilakukan dengan beberapa tes kepribadian yang disuguhkan dalam berbagai macam-macam tes.

2. siswa harus mengenali dunia kerja artinya siswa disini akan banyak mengenali tipe-tipe pekerjaan dan lingkuangan pekerjaan. Ini semua dapat mereka dapatkan dari membaca media cetak, browsing, ataupun mengetahui dari orang terdekat.

3. stelah siswa menemukan satu pekerjaan yang menurut mereka pas atau cocok untuk diri mereka, siswa disini diharapkan untuk mencari alternatif pekerjaan yang lainnya, artinya siswa akan membandingkan karir yang lebih cocok untuk dirinya dari kedua karier tersebut

4. setelah mantap dengan pilihan karir yang kan dipilih, siswa akan membuat keputusan dan perencanaan karir kedepannya atau sebagai cita-cita

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s